8 Hal yang Wajib Dilakukan Wanita Usia 40-an

Usia 40 adalah masa keemasan bagi wanita. Memasuki periode ini, umumnya wanita sudah tahu apa yang mereka inginkan dan tidak inginkan. Mereka juga makin percaya diri dan kompeten: ada yang sudah mantap berkeluarga, bahkan juga mencapai puncak karier yang diidamkan. Dan tentunya, kondisi tubuh masih cukup bugar.

Berbicara soal kebugaran tubuh, sayangnya periode ini tidak berlangsung lama karena sebentar lagi akan memasuki masa peralihan hormon. Hal ini menyebabkan wanita mengalami perubahan pada tubuhnya. Kulit yang makin keriput, lemak tubuh yang meningkat, serta perubahan menstruasi.

 

Faktanya, setiap wanita akan mengalami perlambatan metabolisme seiring dengan bertambahnya usia. Pernah merasa diet terasa makin berat karena makan lebih sedikit, tetapi berat badan terus bertambah? Metabolisme yang melambat adalah salah satu faktor utamanya. Bentuk tubuh yang berbeda juga disebabkan oleh massa otot dan kepadatan tulang yang berkurang.

Tingkat stres pun meningkat karena banyaknya tanggung jawab yang mungkin ditanggung sekaligus. Baik sebagai istri, ibu, dan atasan atau pekerja di kantor, serta mungkin dalam bisnis yang dilakukan.

Untuk memperlambat penuaan dan memperpanjang periode emas, wanita usia 40-an tidak boleh menyepelekan delapan hal berikut:

1. Tidur Cukup

Tidur yang berkualitas memberikan waktu untuk sel-sel tubuh beregenerasi. Dengan waktu istirahat yang cukup, hormon pereda stres akan bekerja lebih optimal sehingga mengurangi ketegangan otak, menjaga kesehatan pembuluh darah, dan memberikan konsentrasi dan tenaga untuk aktivitas keesokan hari.

2. Olahraga Teratur

Olahraga aerobik tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi tumpukan lemak, tetapi juga untuk meningkatkan hormon endorfin sehingga dapat memperbaiki mood.

3. Angkat Beban

Angkat beban sering kali menjadi menu latihan yang dihindari sebagian besar wanita. Olahraga teratur iya, tapi bukan angkat beban. Justru angkat beban adalah jenis aktivitas fisik yang sangat perlu dilakukan untuk menjaga kepadatan tulang, meningkatkan massa otot, dan membentuk postur agar tetap ideal.

4. Ngemil

Anda tidak salah baca. Ngemil adalah hal yang harus Anda lakukan agar tidak makan berlebihan saat waktu makan siang atau makan malam. Apa yang Anda jadikan camilan itulah yang harus dijaga. Buah segar, biskuit rendah gula, serta yoghurt tanpa lemak dapat menjadi pilihan yang sehat

5. Romantis bersama Pasangan

Bukankah kiat ini hanya untuk anak muda? Salah. Justru saatnya menjadi diri sendiri, dan tunjukkan rasa sayang kepada pasangan Anda tanpa ragu-ragu. Sediakan waktu untuk kencan berdua agar hubungan suami-istri tetap hangat. Keharmonisan rumah tangga akan membuat seseorang tampak bahagia dan tentunya awet muda.

6. Tes Kesehatan

Pada usia 40, lakukanlah tes kesehatan secara rutin. Mulai dari tekanan darah, gula darah, lingkar perut, hingga kolesterol. Anda sebaiknya menambahkan pemeriksaan payudara atau pap smear. Pastikan juga Anda telah mendapat vaksin yang lengkap, salah satunya HPV.

7. Sediakan Waktu untuk Hobi

Belum terlambat untuk mencoba hobi merangkai bunga, musik, melukis, atau apa pun yang dulu Anda tidak sempat lakukan karena sibuk mengejar karier, berjuang di pendidikan formal, atau mengurus keluarga muda. Melakukan hobi adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres.

8. Mindful Eating

Prinsip utama dari mindful eating adalah makan secara sadar. Anda tidak makan karena rutinitas, tetapi kebutuhan. Karena itu, jadilah pemilih untuk makanan Anda. Sayuran segar, biji-bijian, gandum, dan buah-buahan sebaiknya mendominasi menu Anda.

Bukan saja memiliki serat tinggi untuk melancarkan pencernaan dan membuat Anda tidak cepat lapar, kandungan plant stanol yang ada pada makanan-makanan tersebut juga membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Demikian hal-hal yang wajib dilakukan oleh wanita usia 40-an. Semoga Anda selalu sehat dan bugar pada periode emas ini. 

Sumber: www.klikdokter.com

ARTIKEL FAVORIT
Selasa, 03 April 2018
Selasa, 03 April 2018