Kiat Hidup Sehat lebih Lama Seperti Manusia Blue Zone

Sebenarnya selain ingin panjang, orang tentu ingin tetap sehat. Pertambahan usia sudah merupakan hukum alam, namun tetap bugar di usia lanjut adalah pilihan dan butuh usaha. Bagaimana caranya agar terus sehat dengan berjalannya waktu?

Saat menginjak usia senja, sebagian besar orang mungkin tidak akan cukup sehat untuk sekadar berjalan kaki menikmati udara pagi di taman. Namun, di belahan dunia lain, ada orang-orang yang masih sanggup memasak, mengemudi, bahkan menjadi relawan di usia lanjut.

Baru-baru ini, para periset mencoba mencari tahu, mengapa mereka bisa hidup begitu lama? Dan Buettner, penulis The Blue Zones Solution: Eating and Living Like the World's Healthiest People, telah mencoba mengamati orang-orang yang hidup sampai lebih dari 100 tahun.

Bekerja sama dengan National Geographic, periset mengidentifikasi lima blue zone atau daerah dengan jumlah penduduk yang berumur panjang paling banyak. Orang-orang yang hidup di blue zone juga relatif bebas dari penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Penelitian dilakukan sejak tahun 2000.

Hasilnya, Amerika Serikat memiliki satu blue zone yaitu di Loma Linda, California. Selanjutnya ada Ikaria di Yunani, Sardinia di Italia, Okinawa di Jepang, dan Nicoya di Kosta Rika.

Ternyata, penduduk di daerah-daerah tersebut memiliki kesamaan. Salah satunya adalah tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan dan tidak makan setelah matahari terbenam.

Meski bukan penduduk dari beberapa daerah tersebut, Anda tetap bisa hidup lebih sehat hingga usia lanjut seperti mereka dengan menerapkan kebiasaan sehat berikut ini:

  1. Konsumsi kacang dan serat

    Kesamaan lain yang dimiliki oleh manusia blue zone yaitu mereka kerap mengonsumsi makanan nabati. Misalnya: kacang-kacangan, whole grains (oatmeal, beras merah, dan jagung), dan sayuran.

    Anda juga bisa menerapkan pola makan seperti itu ditambah dengan konsumsi banyak serat. Menurut sebuah penelitian besar yang diterbitkan pada tahun 2011 di Archives of Internal Medicine, konsumsi banyak serat dapat membantu mencegah kematian dini akibat penyakit jantung, penyakit pernapasan, serta kanker bagi pria.

    Konsumsi kacang juga baik untuk tubuh. Menurut sebuah penelitian di BioMed Central, orang yang makan kacang memiliki indeks masa tubuh yang rendah. Mereka juga memiliki risiko kematian dini 39 persen lebih rendah.

    Di samping itu, makan makanan yang mengandung plant stanol ester yang terdapat dalam gandum, buah-buahan, dan kacang-kacangan juga baik untuk tubuh. Konsumsi makanan tersebut sebanyak 3,4 gram per hari efektif membantu menurunkan kolesterol jahat atau low density liporotein (LDL) di dalam tubuh.

  2. Berhenti merokok

    Studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet menunjukkan, berhenti merokok dapat membantu wanita hidup 10 tahun lebih lama. Studi itu melibatkan 1,3 juta wanita dan menganalisis kebiasaan hidup sehat wanita-wanita tersebut sejak tahun 1996 dan 2001.

  3. Tidur cukup

    Hal unik lainnya yang dilakukan oleh manusia blue zone yang memiliki usia 100 tahun atau lebih, yaitu mereka meluangkan waktu untuk tidur siang. Bila tidak sempat tidur siang, Anda setidaknya memiliki tidur yang cukup di malam hari.

    Sebuah penelitian di tahun 2010 mengungkapkan, pria yang tidur kurang dari enam jam semalam bisa empat kali lebih berisiko meninggal dalam periode 14 tahun.

  4. Tetap aktif secara fisik

    Manusia blue zone adalah manusia yang terbiasa melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, menggembalakan hewan, dan berkebun. Jadi, bila ingin hidup lebih lama, Anda perlu beraktivitas fisik secara rutin.

Anda bisa mulai dengan olahraga yang sederhana seperti jogging, jalan, berenang atau bersepeda secara rutin setiap hari. Lakukan aktifitas fisik yang Anda sukai bersama keluarga atau sahabat.

Jadi, itulah beberapa rahasia yang dimiliki manusia blue zone yang berusia 100 tahun atau lebih. Bila menerapkan semua itu secara konsisten, Anda tentu bisa mendapatkan tubuh yang sehat hingga usia lanjut.

Sumber : www.klikdokter.com