7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anda dan Keluarga

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan utama di negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Survei Sample Regristration System (SRS) pada 2014 di Indonesia menunjukkan, penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua usia.

Anda bisa berkontribusi mengurangi angka tersebut dengan mengajak keluarga melakukan kebiasaan yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tapi tentu saja Anda sendiri harus terlebih dahulu menerapkan kebiasaan tersebut agar dapat menjadi contoh bagi keluarga.

Berikut ini beberapa cara yang dapat menjaga kesehatan jantung Anda dan keluarga:

  1. Teratur memeriksa dan menjaga kadar kolesterol

    Batas optimal kolesterol jahat (LDL) adalah 70–100 mg/ dL hati hati bila kadar LDL Anda melewati nilai tersebut. Selain itu, Anda sebaiknya memiliki kadar kolesterol baik (HDL) di atas 40 mg/dL bagi laki-laki dan di atas 50 mg/dL untuk perempuan.

    Anda tidak selalu memerlukan obat untuk menurunkan kolesterol, namun ingatlah bahwa hal tersebut harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Dokter akan mempertimbangkan secara keseluruhan, termasuk faktor lain yang membuat Anda berpotensi menderita penyakit jantung koroner.

  2. Awasi asupan dan pola makan

    Pilihlah makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya untuk mendapatkan vitamin secara alami.

    Di samping itu, Anda juga bisa mengonsumsi ikan, unggas, dan daging, dengan porsi terbatas. Perhatikan juga cara mengolah ketiga bahan makanan tersebut supaya tidak berlemak. Terkait ikan, Anda sebaiknya mengonsumsi salmon dan tuna yang kaya akan asam lemak omega-3.

  3. Nikmati hidup tanpa rokok

    Jika Anda seorang perokok, maka anda membuat diri Anda berisiko lebih tinggi untuk terkena serangan jantung, penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia!

  4. Giat berolahraga

    Orang yang tidak berolahraga lebih cenderung terkena penyakit jantung dan berisiko lebih tinggi meninggal karena penyakit tersebut, daripada orang yang aktif berolahraga. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan, sirkulasi seluruh tubuh, dan menolong Anda mengelola stres.

  5. Kendalikan berat badan dan hindari stres

    Setiap orang tentu pernah mengalami stres atau marah dan hal tersebut tidak bisa dihindari. Karena itu, mengelola stres dan perasaan marah penting untuk kesehatan. Agar suasana hati senantiasa positif, sempatkan untuk mengobrol dengan anggota keluarga sepulang kerja dan melakukan hobi Anda.

  6. Awasi tekanan darah

    Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, prevalensi hipertensi nasional sebesar 25,8%. Data tersebut mungkin saja lebih sedikit dari yang sebenarnya karena mungkin banyak yang tidak terdeteksi dan hanya sedikit yang terdiagnosis.

    Hipertensi yang tidak mendapat penanganan dengan baik menyebabkan komplikasi, di antaranya yaitu penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit ginjal.

    Sempatkan diri untuk cek tekanan darah dan kontrol tekanan darah Anda. Cara alami adalah berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat serta perlu mengurangi konsumsi garam.

    Anda mungkin perlu obat untuk mengontrol tekanan darah sesuai petunjuk dokter. Mengontrol tekanan darah bukan sekedar menurunkan tekanan darah, sebab ada banyak jenis dan dosis penurun tekanan darah sesuai keadaan fisik dan kelainan yang diderita.

  7. Lengkapi dengan pangan yang mengandung plant stanol ester

    Lengkapi asupan makanan yang mengandung plant stanol ester sebanyak dua sajian per hari. Plant stanol ester yang berperan dala membantu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam pencernaan. Plant stanol ester banyak terdapat dalam gandum, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Ayo, segera mulai menerapkan tujuh cara di atas untuk menjaga kesehatan jantung dan tangkal kolesterol. Jangan lupa, ajak seluruh anggota keluarga. Kalau bukan Anda yang memulai, lantas siapa lagi?

Sumber : www.klikdokter.com