Awas, Radikal Bebas Dapat Picu Penyakit Kronis!

Ternyata, penyakit kronis juga dapat ditimbulkan dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Apa saja penyakit yang bisa muncul?

Terbebas sepenuhnya dari radikal bebas mungkin adalah hal yang sulit untuk dilakukan terutama di zaman sekarang. Menumpuknya radikal bebas dalam tubuh mungkin disebabkan oleh berbagai hal, seperti paparan asap rokok atau sinar UV berlebih hingga makanan cepat saji.

Untuk melindungi dari bahaya radikal bebas, tubuh membutuhkan bantuan antioksidan. Tubuh manusia memang dapat memproduksi antioksidan sendiri, namun jumlah tersebut tidak mampu melawan banyaknya zat polutan di dalam tubuh.

Jika dibiarkan, maka radikal bebas yang menumpuk bisa menyebabkan penyakit kronis, seperti:

1. Hipertensi

Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah yang lalu mengeras dan kaku. Hal ini menyebabkan tekanan darah rata-rata akan meningkat atau yang biasa disebut dengan hipertensi.

2. Dislipidemia

LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh dapat meningkat seiring dengan jumlah radikal bebas yang masuk. Zat yang disebut juga dengan kolesterol jahat ini akan membentuk plak pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di jantung dan otak.

3. Serangan Jantung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, radikal bebas dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada jantung. Jika dibiarkan, maka ini akan menyebabkan serangan jantung yang memicu kematian atau turunnya fungsi jantung secara permanen.

4. Stroke

Penyempitan pembuluh darah di otak akibat penumpukan radikal bebas yang tidak dapat dinetralisasi tubuh juga dapat menimbulkan penyakit kronis lainnya. Hal tersebut merupakan pertanda awal dari munculnya penyakit stroke.

Setelah mengetahui adanya kaitan antara beberapa penyakit kronis yang dapat menimbulkan kematian di atas, maka ini saatnya Anda melawan radikal bebas. Cukup jalani pola hidup sehat mulai dari sekarang dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, serta tidak merokok. Ayo lawan radikal bebas!

http://www.klikdokter.com/