Ini Sebab Serangan Jantung Bisa Timbulkan Kematian Mendadak

Pasti Anda sudah banyak mendengar banyak kasus mati mendadak yang didahului oleh serangan jantung. Mengapa serangan jantung bisa berakibat begitu fatal dan terjadi sangat cepat?

Serangan jantung bisa membuat mati mendadak?

Kasus mati mendadak akibat serangan jantung sudah sangat banyak terjadi. Hal ini tentunya mengerikan, mengingat sebelum terserang penyakit jantung, orang tersebut bisa saja terlihat sehat, kondisi ini lebih mengagetkan lagi jika terjadi pada orang dewasa muda. 

Jantung merupakan organ yang bertugas untuk memompa darah yang menampung nutrisi maupun oksigen ke seluruh tubuh melalui pipa pembuluh darah. Nutrisi dan oksigen tersebut diperlukan oleh setiap sel dalam tubuh untuk tetap sehat dan hidup, sel otot jantung tak terkecuali membutuhkan dua hal ini.

Jika  nutrisi dan oksigen tidak terdistribusikan hingga ke sel otot jantung, otot jantung akan gagal berfungsi dengan baik hingga memungkinkan matinya sel.

Dan yang terjadi jika sel otot jantung mati? Jantung akan kehilangan fungsinya sebagai pompa, sehingga darah yang menampung oksigen dan nutrisi hanya akan terkumpul dalam ruang jantung dan paru-paru, menyebabkan paru-paru terendam oleh cairan, dan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan untuk terdistribusi ke seluruh tubuh tak terdistribusi.

Lalu bagaimana kematian mendadak akibat serangan jantung bisa terjadi? Perlu diketahui, tidak semua serangan jantung berujung pada berhentinya jantung. Namun, kasus henti jantung, sekitar 95% penyebabnya merupakan serangan jantung.

Serangan jantung disebabkan oleh pembuluh darah koroner yang mengalami penyumbatan. Pembuluh darah koroner adalah pembuluh darah yang memberi nutrisi untuk otot-otot jantung.

Ketika salah satu cabang pembuluh koroner tersumbat dan tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup akan berujung pada proses menuju kematian sel secara permanen.

Dalam proses menuju kematian sel, juga terjadi gangguan aktivitas gerak jantung yang dapat memicu ketidakteraturan detak jantung, membuat jantung tidak lagi mampu memompa darah dalam jumlah yang cukup ke otak maupun ke jantung sendiri tersebut.

Akibat dari proses ini, seseorang mendadak hilang kesadaran, tidak bisa bernapas, dan dalam seketika bisa meninggal. Inilah yang kita sebut sebagai kematian mendadak. Sebagai tindak pencegahan serangan jantung, sebagai penyebab kematian mendadak, lakukanlah pola hidup sehat dalam keseharian Anda serta terapkan secara maksimal dan konsisten.

Sumber : www.klikdokter.com