Kenali Pentingnya Antioksidan bagi Tubuh

Mari kenali lebih jauh mengenai antioksidan dan bagaimana caranya bekerja dalam tubuh Anda.

Istilah antioksidan kini semakin dikenal luas seiring seringnya kata ini muncul dalam artikel kesehatan atau diskusi seputar penyakit. Banyak juga produk kesehatan yang menawarkan kebaikan antioksidan dengan produknya. Tapi sebenarnya, apa manfaat antioksidan itu?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, marilah terlebih dulu pikirkan, apakah sehari-hari tubuh Anda terpapar asap rokok, asap kendaraan, atau masih seringkah makan junk food mau pun gorengan? Jika ya, berarti tubuh Anda masih berisiko terkena radikal bebas setiap harinya.

Radikal bebas membuat sel dalam tubuh berisiko mengalami kerusakan hingga stres okisdatif. Kerusakan dan stres oksidatif ini bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit serius, metabolic mau pun degeneratif, antara lain tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi, jantung koroner, serangan jantung, dan juga kanker.

Untuk itu, Anda membutuhkan antioksidan untuk mencegah meningkatnya stres oksidatif dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Sebenarnya tubuh bisa memproduksi antioksidan secara alami, tapi radikal bebas yang diterima tubuh dari faktor eksternal bisa berjumlah sangat banyak sehingga sulit dinetralkan dengan antioksidan alami yang diproduksi tubuh Anda.

Untuk menetralkan radikal bebas, Anda dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Buah-buahan seperti beri, anggur, dan apel, serta sayuran hijau, dan ikan laut merupakan pilihan tepat untuk menambah antioksidan dalam darah.

Itulah pentingnya antioksidan bagi tubuh manusia. Selain untuk menekan kadar stres oksidatif dalam tubuh, antioksidan juga bisa berperan sebagai pengendali faktor utama pemicu serangan jantung atau stroke.

http://www.klikdokter.com/