Lawan Stres Oksidatif dengan Daftar Makanan Super Ini!

Pola makan sehat dapat membantu Anda menghindari stres oksidatif yang terjadi dalam tubuh. apa saja makanan sehat yang bisa dikonsumsi?

Stres oksidatif bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pola makan tidak sehat, polusi, kurang olahraga, hingga kebiasaan merokok. Jika Anda mengalami stres oksidatif dalam tubuh, bukan tidak mungkin Anda jadi berisiko terkena berbagai gangguan kesehatan serius, salah satunya yang paling mengancam adalah serangan jantung.

Untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, jagalah asupan makanan Anda. Berikut beberapa makanan yang diyakini dapat menjauhkan diri Anda dari stres oksidatif:

  1. Buah-buahan segar

Pilihlah buah yang banyak mengandung antioksidan seperti kiwi, beri, anggur, atau apel. Kandungan antioksidan dari buah dapat mengurangi oksidasi dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat stres oksidatif. Utamakan memakan buah-buahan ini tanpa diproses lebih lanjut, artinya, makanlah buah secara utuh, bukan dijus atau proses lainnya.

  1. Sayuran hijau

Juga mengandung antioksidan tinggi, membuat pilihan makanan ini melindungi sel tubuh Anda dari radikal bebas. Untuk mengonsumsi buah, hindari memakan buah yang direbus terlalu lama karena bisa mengurangi kandungan manfaatnya.

  1. Ikan laut

Pilihlah ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3, seperti sarden dan tuna. Asam lemak omega 3 ampuh menekan stress oksidatif karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, ikan juga berperan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Sebaiknya Anda konsumsi ikan laut sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

  1. Gandum

Gandum dan beras merah mengandung asam folat, selenium, dan zinc. Ketiga zat tersebut bermanfaat karena dapat berfungsi sebagai antioksidan. Mulailah mempertimbangkan untuk mengganti sumber karbohidrat harian Anda dengan beras merah atau gandum.

  1. Kacang-kacangan

Makanan satu ini juga menyimpan banyak nutrisi yang baik bagi tubuh seperti selenium, folat, lemak, protein, kalsium, dan zinc. Buah-buahan segar dan kacang-kacangan juga mengandung plant stanol esters yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga asupan makanan agar diri Anda terhindar dari stres oksidatif. Selain mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, perhatikan juga pengolahan makanannya, dampingi dengan olahraga teratur dan hindari merokok.

http://www.klikdokter.com/