Sering Nyeri Dada, Pertanda Sakit Jantung?

Yang bisa menyebabkan nyeri dada bukan hanya penyakit jantung, tetapi dapat juga terjadi akibat gangguan kesehatan lain. Apa saja? 

Nyeri dada memang terkenal sebagai gejala khas penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Namun pada kenyataannya, tidak semua nyeri dada disebabkan oleh sakit jantung. Ada beberapa gangguan kesehatan lain yang juga gejalanya nyeri dada.

Kenali ciri nyeri dada pertanda penyakit jantung koroner

Nyeri dada yang terjadi pada orang yang menderita penyempitan koroner biasanya dirasakan saat aktivitas atau saat ada tekanan psikologis. Misalnya saat berjalan cepat, menaiki tangga, atau ketika sedang ada pekerjaan berat. Keluhan nyeri biasanya hilang jika orang tersebut beristirahat dan menenangkan diri.

Sementara keluhan nyeri dada pada serangan jantung, seseorang akan merasakan nyeri dada mendadak rasanya seperti ditekan benda berat dan nyeri tidak hilang saat istirahat. Keluhan juga disertai pegal atau kram di lengan kiri, sesak napas, keringat dingin di seluruh tubuh.

Kenali ciri nyeri dada yang disebabkan gangguan kesehatan lainnya

  • Nyeri disebabkan otot pegal

Nyeri yang disebabkan otot pegal umumnya muncul saat aktivitas fisik dan akan hilang jika istirahat. Nyeri bisa muncul walaupun aktivitas yang dilakukan tidak terlalu berat. Selain itu, nyeri hanya muncul ketika melakukan gerakan tertentu yang melibatkan otot pada daerah terkait, misalnya otot dada, otot punggung, dan otot lengan. Nyeri dada dapat meringan dan memberat sesuai gerakan posisi tubuh dan biasanya nyeri yang terjadi karena pegal otot hanya akan terjadi beberapa hari dan akan hilang dengan sendirinya.

  • Nyeri disebabkan masalah pencernaan

Nyeri dada yang terjadi dapat muncul akibat luka di lambung atau peradangan pada lapisan lambung. Nyeri ini sering disalahartikan sebagai nyeri dada karena masalah jantung. Secara umum, nyeri maag biasanya disertai nyeri dengan sensasi tertekan di ulu ati, jika tidak terlalu parah, nyeri ini bisa ditangani dengan obat mag yang dapat dibeli bebas di apotek atau warung.

Waspadai nyeri dada

Setelah mengetahui ada penyebab lain selain penyakit jantung yang bisa menyebabkan nyeri dada, tetaplah waspada jika Anda mengalami keluhan ini. Jika Anda ragu penyebabnya, segeralah cari pertolongan medis terdekat. Jangan anggap sepele gejala nyeri dada. 

Penyakit jantung dapat dicegah secara dini, dengan cara yang amat sederhana. Terapkan gaya hidup sehat, seperti makan makanan sehat, olahraga teratur, jauhi rokok, dan lakukan medical checkup secara rutin sebagai tindakan preventif.

Sumber : www.klikdokter.com