Stres Oksidatif Lebih Berbahaya dari Stres Biasa

Apa itu stres oksidatif dan bagaimana bahayanya untuk kesehatan Anda? Mari kita bahas bersama.

Istilah stres mungkin terdengar akrab di telinga Anda, namun bagaimana dengan stres oksidatif? Pasti banyak dari Anda yang belum pernah dengar istilah ini sebelumnya.

Stres oksidatif adalah stres yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup antioksidan untuk membuat netral radikal bebas dalam tubuh, sehingga membahayakan kesehatan.

Sebenarnya, radikal bebas adalah proses alami yang terjadi dalam tubuh manusia, bahkan berperan penting dalam pematangan struktur sel. Tapi, beberapa faktor eksternal membuat produksi radikal bebas tubuh jadi terlalu banyak, bahkan tak terkontrol hingga berbahaya bagi tubuh.

Faktor-faktor eksternal tersebut termasuk radiasi sinar UV berlebih, polusi, rokok, pola makan tidak sehat, dan gaya hidup tidak sehat lainnya.

Jika stres oksidatif terjadi dalam tubuh, ada banyak sekali bahaya kesehatan yang mengintai. Seperti peradangan pembuluh darah, gangguan molekul kolesterol, kakunya pembuluh darah, dan berbagai gangguan kesehatan kompleks lainnya.

Bahkan, stres oksidatif bisa berujung pada serangan jantung dan seperti yang kita tahu, serangan jantung adalah pembunuh nomor satu di seluruh dunia yang tidak pandang bulu, bisa menyerang siapa saja, laki-laki mau pun perempuan, usia tua mau pun usia muda.

Agar terhindar dari stres oksidatif, hindari hal-hal yang dapat memicu meningkatnya jumlah radikal bebas dalam tubuh Anda. Hidup dengan gaya sehat adalah cara yang paling baik dilakukan.

http://www.klikdokter.com/