5 Menu Diet Tepat untuk Turunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi yang bisa berujung pada kematian. Itulah alasannya menurunkan kadar kolesterol tinggi sesegera mungkin harus dilakukan sebelum masalahnya berkembang semakin parah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol ini, salah satunya dengan mengonsumsi menu rendah kolesterol seperti berikut ini:

  1. Makanan kaya serat larut

Makanan yang mengandung serat larut dapat memengaruhi metabolisme lemak. Serat larut ini dapat menghambat penyerapan lemak jenuh dan lemak lain yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya yaitu dengan menempel pada partikel kolesterol di usus kecil, sehingga kolesterol sulit untuk masuk ke aliran darah dan akhirnya akan keluar bersama serat melalui kotoran.

Hampir semua buah dan sayuran mengandung serat larut, sehingga Anda bisa mengonsumsi dengan jenis berbeda setiap hari untuk mencegah kebosanan.

  1. Makanan tanpa digoreng

Makanan apapun tetap akan memiliki kandungan lemak jahat jika diproses dengan cara digoreng. Itulah sebabnya sangat disarankan bagi penderita kolesterol tinggi untuk mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Jika Anda merasa bosan, Anda juga bisa mengolah makanan dengan cara dipanggang.

  1. Makanan rendah lemak dan kolesterol

Penderita kolesterol masih boleh mengonsumsi daging ayam ataupun sapi, namun sebaiknya hanya bagian daging yang bebas lemak. Untuk konsumsi telur, masih diijinkan dalam batas yang wajar yaitu 1 butih sehari. Alasannya, putih telur mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, namun kuning telur mengandung lemak. Sehingga tidak boleh dionsumsi berlebihan.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan jenis lemak pada makanan. Contohnya seperti buah alpukat. Banyak yang mengatakan alpukat adalah buah dengan kandungan lemak tinggi. Padahal lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh dan baik untuk tubuh. Sehingga aman untuk dikonsumsi dengan cara yang tepat, yaitu tanpa tambahan gula dan susu seperti pada jus alpukat.

  1. Makanan tinggi antioksidan

Antioksidan yang berupa flavanoid mampu mencegah oksidasi kolesterol jahat dan mampu mengurangi kolesterol jahat. Makanan yang mengandung flavanoid ini contohnya adalah anggur dan jambu biji. Namun kandungan flavanoid pada teh hitam atau teh hijau lebih tinggi dibandingkan pada buah-buahan.

  1. Makanan sumber fitosterol

Fitosterol atau plant sterol merupakan sterol pada tumbuhan yang telah terbukti mampu untuk menurunkan kolesterol tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya tidak sulit, hanya dengan mengonsumsi buah dan sayur secara rutin setiap hari.

Dengan memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi bisa menjadi cara menurunkan kolesterol tinggi. Sayangnya mungkin Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menstabilkan kadar kolesterol. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa mengombinasikan menu makan sehat dan olahraga dengan konsumsi Nutrive Benecol 2 botol setelah makan setiap harinya, selama 2 hingga 3 minggu. Nutrive Benecol merupakan satu-satunya pangan di Indonesia yang mengandung Plant Stanol Ester (PSE). Kandungan PSE ini mampu bekerja lebih efektif dibandingkan dengan zat pangan lain untuk bantu turunkan dan jaga kadar kolesterol dalam darah.