Awas, Kolesterol Tinggi Bisa Bikin Umur Lebih Pendek

Berbicara tentang kolestrol tinggi memang tidak ada habisnya. Pasalnya, faktor risiko penyakit berbahaya ini menghinggapi sebagian besar penduduk dunia, termasuk Indonesia.

Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor di balik terbentuknya plak aterosklerosis. Plak ini mengakibatkan penyempitan pembuluh darah jantung, yang pada akhirnya menyebabkan serangan jantung.

Uniknya, orang yang berisiko terkena serangan jantung juga berpotensi tinggi mengalami stroke di kemudian hari. Ini karena kedua penyakit tersebut memiliki faktor risiko yang sama, yakni kolestrol tinggi, obesitas, kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Menghitung Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh, pemeriksaan dilakukan terhadap kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), dan trigliserida. Pengukuran kadar kolesterol dilakukan dengan mengetahui berapa milligram (mg) kolesterol yang terdapat di setiap desiliter (dL) darah.

Berikut patokan terkait pemeriksaan kadar kolesterol di dalam tubuh:

  1. Kolesterol total

Kolesterol total merupakan jumlah dari semua lemak yang beredar dalam darah. Nilai kolesterol total yang normal adalah <200, menengah atau di ambang batas 200–239, dan tinggi >240.

  1. Kolesterol jahat (LDL)

Nilai kolesterol jahat yang paling optimal adalah <100, hampir optimal 100–129, agak tinggi 130–159, tinggi 160–189, dan menjadi sangat tinggi jika angkanya mencapai >190.

  1. Kolesterol baik (HDL)

Nilai kolesterol baik yang paling optimal adalah >60, dan tergolong rendah atau kurang jika angkanya <40 (pria) dan <50 (wanita).

  1. Trigliserida

Nilai trigsilerida yang normal adalah <150, agak tinggi 150–199, tinggi 200–499, dan sangat tinggi jika nilainya mencapai >500.

Mencegah Dampak Buruk Kolesterol Tinggi

Agar penyakit berbahaya akibat kolestrol tinggi bisa dicegah, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang. Caranya adalah dengan teratur periksa kolesterol, awasi asupan dan pola makan, nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, giat berolahraga, kendalikan berat badan dan hindari stres, awasi tekanan darah, dan lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester.

Ingat, kolesterol tinggi merupakan kondisi berbahaya yang sebenarnya bisa dikendalikan. Segera terapkan gaya hidup sehat sekarang juga, agar dampak buruknya tidak menimpa Anda kemudian.

Sumber : www.klikdokter.com