Merdeka dari Kolesterol Tinggi dengan 5 Kebiasaan Ini

Merdeka atau mati. Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kondisi saat ini. Meski sudah bebas dari penjajah 72 tahun lamanya, Indonesia masih saja dibayangi oleh masalah kolesterol tinggi.

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013 menyebutkan, bahwa lebih dari separuh penduduk dewasa di Indonesia memiliki kadar kolesterol tinggi atau di atas batas optimal. Ini berarti lebih dari setengah penduduk Indonesia berisiko lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

Meski sangat berbahaya dan menjadi pencetus penyakit berbahaya, masalah kadar kolesterol tinggi bisa ditangkal. Berikut kiatnya:

  1. Pilih makanan sehat

    Makanan yang sehat untuk jantung meliputi buah-buahan dan sayuran, gandum atau oat, ikan laut, rendah garam serta lemak. Makanan fungsional yang mengandung plant stanol ester, telah terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kolesterol jahat hingga 11% dalam waktu dua minggu. 

  2. Aktif bergerak

    Meski sibuk, Anda harus menyediakan waktu untuk melakukan olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. American Heart Association menganjurkan untuk berenang, bersepeda ataupun jogging, berlari dan berjalan kaki. 
    Berolahragalah setidaknya 30 menit sehari sebanyak 5 kali seminggu. Tentu saja akan lebih baik jika Anda berolahraga setiap hari. 

  3. Jaga berat badan tetap ideal

    Kelebihan berat badan atau obesitas berhubungan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Karenanya, pastikan Anda menjaga berat badan tetap ideal, tidak terlalu kurus ataupun gemuk. 

    Caranya adalah dengan makan makanan sehat secara teratur dan tentunya berolahraga. Diet ketat saja mungkin membuat Anda lebih kurus tapi tidak menggantikan manfaat olahraga.

  4. Hindari kebiasaan buruk ini

    Minuman beralkohol atau minuman manis dalam kemasan dan makanan cepat saji adalah komplotan yang turut berperan dalam meningkatkan berat badan, kolesterol jahat dan risiko penyakit jantung dan stroke. 

    Selain itu, rokok juga sangat efektif dalam mempercepat penyempitan akibat plak pembuluh darah jantung dan otak. Stres dalam pekerjaan atau kehidupan memang kadang tak terhindarkan, tapi Anda bisa menyiasatinya. Manajemen stres dan respons Anda dalam menghadapi masalah adalah kunci untuk menyiasati stres.

  5. Cek kesehatan secara berkala

    Dengan periksa dan konsultasi kesehatan ke dokter secara berkala, kondisi penyakit yang mungkin Anda alami dapat diketahui sedini mungkin. Dengan ini, tindakan pencegahan atau pengobatan juga dapat segera dilakukan.

Merdekakan tubuh Anda dari penyakit sekarang juga. Jangan sampai kolesterol tinggi bergerilya di dalam tubuh Anda, dan menyebabkan penyakit jantung atau stroke secara diam-diam. Merdeka atau mati!

Sumber : www.klikdokter.com