Waspadai 5 Komplikasi Akibat Kolesterol Tinggi

Tubuh membutuhkan kolesterol, namun dalam batas yang normal. Kolesterol ini berperan penting dalam tubuh untuk membuat vitamin D dan hormon, dan juga dalam sintetis asam empedu yang dibutuhkan untuk proses pencernaan lemak atau minyak. Namun ketika kolesterol berada dalam jumlah berlebih, apalagi jika itu adalah kolesterol jahat (LDL) harus segera diatasi dengan cara menurunkan kolesterol tinggi. Jika tidak maka akan berisiko menjadi sumber berbagai penyakit, seperti:

  1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner (PJK) adalah kondisi ketika pembuluh darah atau arteri utama yang menyuplai darah ke jantung mengalami sumbatan. Sumbatan ini bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya yaitu kolesterol. Ketika kolesterol berada dalam jumlah berlebih dan menempel pada dinding arteri, akan membuat pembuluh arteri menyempit sehingga aliran darah terhambat. Kurangnya aliran darah yang mengalir ke jantung akan menyebabkan rasa nyeri pada dada dan juga sesak napas. Ketika sumbatan ini telah menutup aliran darah ke jantung, maka akan membuat penderitanya mengalami serangan jantung.

  1. Stroke

Tingginya kadar LDL dan lemak dalam darah dapat meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah. Ketika gumpalan darah ini terjadi pada bagian otak, maka aliran darah dan oksigen yang masuk ke dalam otak akan terganggu, sehingga menyebabkan terjadinya stroke.

  1. Diabetes melitus

Kolesterol dan diabetes dapat saling memperburuk kondisi satu sama lain karena termasuk ke dalam salah satu sindrom metabolik. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kombinasi dari sejumlah penyakit, yaitu kolesterol, diabetes, hipertensi, dan obesitas. Dokter hanya akan menggunakan istilah ini jika seseorang mengalami lebih dari satu masalah kesehatan, seperti kolesterol dan diabetes.

  1. Tekanan darah tinggi

Sama halnya dengan diabetes, kolesterol dan hipertensi termasuk ke dalam sindrom metabolik. Plak yang muncul akibat LDL berlebih akan membuat arteri menyempit. Akibatnya jantung harus bekerja keras untuk memompa aliran darah agar dapat mengalir. Inilah yang menyebabkan tekanan darah akan menjadi tinggi.

  1. Penyakit arteri perifer

Penyakit ini terjadi ketika arteri yang mengalirkan darah ke kaki tersumbat. Sumbatan ini bisa disebabkan oleh timbunan lemak dari kolesterol atau zat buangan lainnya. Ketika hal ini terjadi, kaki tidak akan mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga akan terasa sakit. Rasa sakit ini bervariasi tergantung tingkat keparahannya.

Kelima penyakit di atas bisa dikatakan sebagai penyakit kritis yang cukup berbahaya. Itulah sebabnya sangat penting bagi Anda untuk bisa mengatur kadar LDL dalam tubuh Anda. Caranya tidak sulit, cukup menerapkan gaya hidup TANGKAL yang terdiri dari 7 Langkah Tangkal Kolesterol yaitu:

  • Teratur periksa kolesterol
  • Awasi asupan dan pola makan
  • Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol
  • Giat Berolahraga dengan senam B-FIT
  • Kendalikan berat badan dan hindari stress
  • Awasi tekanan darah
  • Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari.

Ketujuh langkah di atas tidak hanya akan menurunkan risiko penyakit kritis akibat kolesterol tinggi, tetapi juga bisa menurunkan risiko Anda menderita berbagai penyakit lainnya. Sebab cukup banyak penyakit yang terjadi akibat dari gaya hidup yang tidak sehat.