Diet Detoks, Perlukah Dilakukan untuk Kesehatan Tubuh?

Banyak orang yang melakukan diet detoks, tapi apakah diet ini diperlukan tubuh agar tetap sehat?

Diet detoks memang dipercaya dapat membersihkan racun yang terdapat dalam tubuh. Hal ini termasuk kolesterol , lemak, dan juga zat-zat racun dari makanan yang Anda santap. Benarkah?

Bagi sebagian orang, diet ini menjadi solusi instan yang menyehatkan bagi tubuh. Seringkali, menghilangkan rasa bersalah setelah menyantap makanan tak sehat berlebihan menjadi alasan utamanya.

Namun pada kenyataannya, tubuh kita telah memiliki cara sendiri untuk melakukan detoksifikasi secara alami. sisa zat metabolisme dan racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui feses, pernapasan, keringat, dan juga urine secara bertahap.

Detoksifikasi alami oleh tubuh ini tentunya akan berjalan dengan baik bila tidak ada masalah pada organ-organ tubuh, seperti paru-paru, jantung, dan ginjal. Oleh karena itu, menjaga selalu sehat sangat penting karena berkaitan juga dengan kelancaran proses tersebut, bahkan tanpa Anda sadari.

Lalu, perlukah diet detoks dijalankan? Sebenarnya, Anda tidak perlu melakukannya selama selalu menjaga pola makan sehat yang disertai dengan olahraga rutin. Ditambah lagi, detoksifikasi sebenarnya tidak mampu membersihkan tubuh secara tuntas. Ini dikarenakan adanya beberapa hal yang tidak dapat dikembalikan seperti semula, misalnya pembuluh darah yang mengeras atau menyempit yang disebabkan oleh terbentuknya plak aterosklerosis.

Ingat, diet detoks bukanlah solusi instan. Untuk menjaga kesehatan tubuh, jadikanlah gaya hidup sehat sebagai keseharian dan lakukan secara konsisten agar hasil yang optimal dapat terlihat.

http://www.klikdokter.com/