Lima Cara Seru Olahraga Bersama Keluarga

Sejarah keluarga memegang peranan penting dalam kondisi kesehatan orang. Pasti Anda banyak mendengar bahwa penyakit serangan jantung adalah penyakit yang diturunkan dalam keluarga. Jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki riwayat penyakit ini, bisa jadi anak-anak Anda dan generasi selanjutnya akan mewarisi gen yang sama dan sama-sama berisiko menderita penyakit tersebut.

Jika riwayat tersebut ada pada keluarga Anda, mau tak mau kebiasaan hidup sehat harus dilakukan sejak dini. Salah satunya adalah komitmen untuk terus aktif bergerak dengan giat berolahraga. 

Latihan aerobik, misalnya. Jika dilakukan secara teratur 150 menit dalam seminggu, risiko serangan jantung akan menurun. Bagaimana cara membagi 150 menit tersebut?

American Heart Association merekomendasikan untuk melakukan latihan aerobik—yaitu aktivitas fisik yang bermanfaat untuk jantung dan pembuluh darah. Anda juga bisa melakukan olahraga intensitas sedang secara rutin –seperti joging, renang atau bersepeda setidaknya 5 kali seminggu, dengan durasi masing-masing 30 menit.

Latihan aerobik dapat membantu sirkulasi tetap lancar, menjaga denyut jantung optimal, dan menyehatkan pembuluh darah. Latihan ini juga membantu mengendalikan berat badan tetap ideal sehingga mencegah penyakit-penyakit yang terkait dengan kegemukan, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Dan penting untuk diketahui, penyakit-penyakit tersebut adalah faktor utama pemicu serangan jantung.

Supaya seluruh keluarga bersemangat dan termotivasi untuk menerapkan pola hidup sehat dan pola gerak dengan giat berolahraga, berikut ini adalah beberapa cara seru olahraga yang dapat dilakukan:

  1. Olahraga permainan

Ajak keluarga pergi berolahraga bersama di taman yang menawarkan suasana hijau. Di Jakarta sendiri ada beberapa taman yang memiliki fasilitas olahraga mulai dari lintasan joging, lapangan tenis, lapangan bulu tangkis, lapangan basket, sarana fitness outdoor, dan taman bermain anak. Dengan banyaknya pilihan aktivitas, percaya deh, satu jam akan berlalu begitu cepat!

  1. Car-free day

Manfaatkan hari bebas kendaraan bermotor dan anggap sekali seminggu adalah waktu rekreasi bersama keluarga. Anda dapat bersama-sama bersepeda, lari, yoga, senam aerobik, hingga santai mengobrol atau sekadar bersenda gurau sambil bersepatu roda.

Setelah selesai beraktivitas, Anda dapat bersama-sama pergi ke restoran atau kafe yang menyajikan menu sarapan sehat. Atau bisa juga pulang ke rumah dan memasak makanan sehat favorit bersama.

  1. Joging

Joging adalah olahraga yang paling mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja. Begitu mudahnya, Anda dan keluarga pun akan lebih mudah berkomitmen untuk berolahraga secara teratur.

  1. Berenang

Selain menyehatkan, berenang juga baik untuk Anda yang memiliki masalah pada lutut. Beruntunglah Anda yang memiliki kolam renang di belakang rumah, atau ada fasilitas kolam renang untuk Anda yang tinggal di apartemen.

Berenang bisa menjadi alternatif termudah untuk Anda dapat rutin berolahraga. Anda juga bisa memanfaatkan kolam renang umum yang tersebar di Jakarta, yang justru terkadang lebih asyik karena beberapa tempat menawarkan program latihan tertentu.

  1. Senam aerobik

Jika ada ruang yang memadai, Anda bisa mendatangkan instruktur senam aerobik ke rumah, atau mengikuti panduan senam aerobik lewat DVD yang banyak dijual, atau bisa juga lewat streaming video. Senam ini mengandalkan gerak tubuh sambil mendengarkan musik upbeat.

Senam aerobik juga bermanfaat untuk membakar lemak dan glukosa untuk menghasilkan adenosina trifosfat (ATP), yaitu pembawa energi untuk semua sel. Selain itu, olahraga ini juga dapat mengurangi stres, meningkatkan efisiensi jantung dan paru-paru, mengurangi tekanan darah, serta risiko terkena strok dan serangan jantung.

Selain giat berolahraga dengan melakukan latihan fisik seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

-       Teratur periksa kolesterol.

-       Awasi asupan dan pola makan.

-       Nikmati gaya hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol.

-       Giat berolahraga.

-       Kendalikan berat badan dan hindari stres.

-       Awasi tekanan darah.

-       Lengkapi nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung plant stanol ester, yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah dan mencegah risiko terkena penyakit jantung koroner.

Semua orang tahu bahwa olahraga banyak manfaatnya. Tapi melakukannnya bersama keluarga akan menjadikan olahraga lebih seru dan menyenangkan! Tak hanya manfaat kesehatan yang didapat, tetapi juga meningkatkan ikatan setiap anggota keluarga, serta membuat Anda dan keluarga makin bersemangat dan temotivasi untuk membangun dan menerapkan pola hidup sehat seumur hidup!

Sumber: www.klikdokter.com