Duduk Terlalu Lama Bisa Memicu Penyakit Jantung!

Waspadalah, duduk terlalu lama ternyata dapat berakibat fatal pada kesehatan jantung Anda!

Ada banyak sekali hal yang membuat kita jadi jarang bergerak. Dari duduk berlama-lama di kantor, atau main gadget sambil duduk. Padahal kebiasaan duduk lama ini bisa berakibat buruk untuk kesehatan jantung.

Studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Preventive Medicine mengungkab hawa, wanita pad ausia pertengahan yang duduk lebih dair sebelas jam tiap harinya berisiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular, salah satunya penyakit jantung.

Diduga hal ini terjadi karena duduk terlalu lama identik dengan minimnya aktivitas fisik. Lemak jadi tertimbun berlebihan sehingga berisiko penyakit metabolik seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tak terkontrol, dan diabetes.

Ketiga penyakit tersebut, juga obesitas, adalah faktor utama yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Segeralah ubah kebiasaan duduk terlalu lama dan minim gerak ini, apalagi jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kardiovaskular.

Beranjaklah dari posisi duduk jika sudah merasa terlalu lama duduk, atau jika sudah merasa pegal. Anda juga bisa gunakan standing desk saat bekerja di kantor atau rumah guna menghindari duduk terlalu lama.

Selain mengurangi kebiasaan duduk lama, untuk mengurangi risiko serangan jantung Anda juga harus menjalankan pola makan sehat dan olahraga teratur. Orang dewasa dianjurkan untuk melakukan olahraga kardio dan aerobik selama 30 menit perhari, lima hari dalam seminggu.

Aktivitas aerobik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah jalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda. Jika Anda terlalu sibuk, usahakan untuk tetap bergerak sedikit demi sedikit dalam kehidupan sehari-hari. Bergeraklah agar tetap sehat!


http://www.klikdokter.com/