Lakukan 4 Jenis Olahraga Ini untuk Jantung Tetap Sehat

Untuk menjaga kesehatan jantung, apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan?

Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit mematikan yang salah satunya disebabkan oleh kegemukan atau obesitas. Untuk mencegah kegemukan yang berujung pada penyakit jantung koroner, olahraga secara rutin dan menjaga pola makan sangat penting untuk dilakukan.

Tak dapat dimungkiri bahwa olahraga mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan tubuh yang tidak dapat diabaikan. Menurut studi, risiko penyakit jantung dapat turun hingga 40 persen jika melakukan olahraga secara rutin.

Menurut American Heart Association, ada beberapa jenis olahraga yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, atau berenang. Olahraga tersebut merupakan kegiatan yang mudah, murah, dan praktis untuk dilakukan namun memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan Anda.

Untuk Anda yang telah menginjak usia 65 tahun atau memiliki masalah pada lutut, bersepeda dapat menjadi pilihan utama sebagai kegiatan olahraga. Atau Anda juga bisa berenang yang mampu membantu melatih kekuatan otot serta menggerakkan seluruh bagian tubuh.

Setelah menemukan olahraga yang cocok bagi Anda, lakukan olahraga aerobik intensitas sedang pilihan selama 5 hari selama seminggu setidaknya 30 menit per hari untuk membiasakan diri. Jika dirasa sulit menemukan waktu yang tepat, Anda bisa melakukan olahraga berintensitas sedang sebanyak 3 kali seminggu selama 30 menit hingga satu jam.

Tidak hanya harus meluangkan waktu khusus, Anda juga bisa berolahraga di kantor selama 10-15 menit sebanyak 2-3 kali sehari setiap harinya. Sebagai variasi, lakukan pula latihan kekuatan otot dan peregangan sebanyak dua kali seminggu.

Agar semakin bersemangat berolahraga, ajaklah keluarga atau teman-teman dan lakukan olahraga sambil diiringi musik favorit. Dengan berolahraga secara rutin, maka jantung akan terjaga kesehatannya hingga tua.


http://www.klikdokter.com/